RAHASIA KEKUATAN UNTA

"Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia di ciptakan?..."

Tidak diragukan lagi bahwa semua kekuatan makhluk,dengan kemampuan mereka,menunjukkan kekuatan dan pengetahuan tak terbatas dari Pencipta mereka.Allah mengungkapkan hal ini dalam berbagai ayat Al Qur'an,mengisyaratkan bahwa segala sesuatu yang Dia ciptakan sebenarnya adalah sebuah tanda,yaitu lambang dan peringatan.

Dalam surat Al Ghasiyaah ayat ke-17,Allah merujuk kepada hewan yang akan kita pelajari dan pikirkan dengan seksama,yaitu unta.

Pada bagian ini,kita melihat makhluk hidup yang ditunjukkan Allah dalam ungkapan Al Qur'an, "Tidakkah mereka memperhatikan unta; bagaimana mereka diciptakan?"

Yang menjadi unta"makhluk hidup istimewa" adalah struktur tubuhnya,yang tidak terpengaruh oleh kondisi alam yang keras sekalipun.Tubuhnya memiliki beberapa keistimewaan,yang memungkinkan unta bertahan hidup berhari-hari tanpa air dan makanan,dan mampu mengangkut beban ratusan kilogram selama berhari-hari.

Ciri-ciri unta ini membuktikan bahwa hewan ini diciptakan khusus untuk kondisi iklim kering,dan bahwa ia disediakan untuk melayani manusia. Ini adalah tanda-tanda ciptaan yang nyata bagi orang-orang yang berakal.

"Sesungguhnya pada pertukaran malam dan siang itu dan pada yang diciptakan Allah di langit dan di bumi,benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan-Nya) bagi orang-orang yang bertakwa,"(QS.Yunus,10:6)!

DAYA TAHAN YANG LUAR BIASA DARI LAPAR DAN HAUS




Unta dapat bertahan hidup tanpa makanan dan air selama delapan hari pada suhu 50c. Pada masa ini ,ia kehilangan 22% dari keseluruhan berat badannya. Sementara manusia akan sekarat jika kehilangan air setara dengan 12% berat badan,seekor unta kurus dapat bertahan hidup kendatipun kehilangan air setara dengan 40% keseluruhan berat badan. Penyebab lain kemampuannya bertahan terhadap haus adalah adanya mekanisme yang memungkinkan unta meningkatkan suhu tubuh dalamnya hingga 41c.

Dengan demikian, ia mampu meminimalkan kehilangan air dalam iklim panas yang ekstrem di gurun pasir pada siang hari. Unta juga mampu mengurangi suhu tubuh dalamnya hingga 30c pada malam dingin di padang pasir.

Unta mampu mengkonsumsi air hingga 30 liter, yaitu sekitar sepertiga dari berat badannya,dalam waktu kurang dari 10 menit. Disamping itu,unta memiliki struktur selaput lendir dalam hidungnya yang seratus kali lebih besar dari yang ada pada manusia. Dengan selaput lendirnya yang besar dan melengkung,unta mampu menyerap 66% kelembapan yang ada di udara. (*)



3 komentar:

satria mengatakan...

subhanallohhh

yudiwah.sarbini mengatakan...

keren

Sedot WC Jakarta mengatakan...

luar biasa ya binatang unta ini ?!

:) :( ;) :D ;;) :P :-* :-o :(( =)) ~x(
Posting Komentar